Home / Next Events / Seminar dan Training LabView di T. Elektro UIN Suska

Seminar dan Training LabView di T. Elektro UIN Suska

Jika tidak ada aral melintang, Jurusan Teknik Elektro akan mengadakan Seminar dan Training LabView. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari; 5-6 Juni 2012.

LabView adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh National Instrument untuk perancangan sistem. LabVIEW digunakan oleh para insinyur dan ilmuwan untuk membuat dan mengoperasikan sistem pengukuran dan kendali melalui integrasi hardware. LabVIEW adalah tool yang dikenal luas di industri dan dunia pendidikan karena efektif dalam membantu penyelesaian masalah teknis, meningkatkan produktifitas, dan mendorong inovasi.

Aplikasi LabView dikelompokkan ke dalam beberapa kategori:

1. Pengambilan data dan pemrosesan sinyal: LabView mengukur setiap sensor pada setiap bus, melakukan analisis canggih dan pemrosesan sinyal, menampilkan data pada antarmuka yang dirancang sendiri oleh pengguna, menyimpan data, dan menghasilkan laporan.

2. Pengujian otomatis dan sistem validasi: Mengotomatisasi tes validasi atau pembuatan produk , mengontrol instrumen-instrumen, menganalisis dan menampilkan hasil tes dengan antarmuka yang dirancang sendiri oleh pengguna.

3. Pengajaran: menerapkan pendekatan belajar yang interaktif dan praktis, menggabungkan desain algoritma dengan pengukuran dunia nyata. Di dunia pendidikan, LabView telah digunakan secara luas untuk tugas-tugas pengukuran dan instrumentasi, perancangan rangakaian, kontrol dan mekatronik, perancangan sitem embedded, RF dan komunikasi, dan pemrosesan gambar dan sinyal.

LabView telah diaplikasikan di berbagai jenis industri, antara lain:

Untuk informasi contoh aplikasi LabView di Industri silahkan lihat di http://www.ni.com/solutions/

Pada 5 Juni 2012 akan diadakan Seminar setengah hari LabView. Seminar ini dimaksudkan sebagai pengenalan LabView secara umum. Seminar akan diikuti oleh kalangan akademik di Kota Pekanbaru.

Pada 6 Juni 2012 akan diadakan training sehari LabView melalui pendekatan praktek langsung. Training yang akan diikuti oleh dosen-dosen TE UIN Suska dan kalangan industri ini dimaksudkan untuk melatih peserta untuk menggunakan LabView secara langsung.

Pembicara pada seminar dan instruktur pada training akan langsung diisi oleh insinyur dari National Instrument Indonesia.

Pada dasarnya peserta Seminar dan Training adalah kalangan pendidikan dan industri yang akan diundang secara khusus. Namun demikian, jika anda adalah akademisi bidang teknologi di perguruaan tinggi Pekanbaru atau anda berasal dari industri proses, anda dapat menyatakan minat untuk mengikuti Seminar dan Training ini kepada panitia.

Seminar akan didakan di Theatre Room Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau Panam Pekanbaru, sedang Training akan diadakan di Laboratorium Komputer Jurusan Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau Panam Pekanbaru.

Peserta seminar akan mendapatkan sertifikat.

Untuk informasi training LabView lainnya di Indonesia silahkan cek di SINI. Untuk informasi LabView langsung dari website National Instrument silahkan buka http://www.ni.com/labview/.

Contact person panitia seminar dan training LabView UIN Suska Riau adalah Fitri Amillia (08123314484).

About Admin-TE

Check Also

Jurusan T. Elektro Lakukan Revisi Kurikulum

One comment

  1. kontribusinya berapa neh pak,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright %year%, FST Website Center