Jurusan Teknik Elektro

Dosen EE Didanai UNESCO Training di Singapura

Poppy Dewi Lestari, S.Si., MT. telah dipilih oleh “Regional Science Bureau for Asia and the Pacific UNESCO,” sebagai salah satu dari hanya enam Kepala Laboratorium Teknik Elektro dari seluruh Indonesia yang dibiayai oleh UNESCO untuk mengikuti workshop “Engineering Curriculum Development” di Singapura, 7-9 September 2011. Pemberitahuan tentang pemilihan ini diterima oleh Ketua Jurusan EE UIN Suska Riau, Rabu 10 Agustus 2011, langsung dari pimpinan Regional Science Bureau for Asia and the Pacific UNESCO.

Kesempatan emas ini merupakan salah satu hasil yang tidak direncanakan dari pelaksanaan International Seminar on Science and Technology Education for Sustainable Development yang ditaja Fakultas Sains dan Teknologi 13 Juli 2011 lalu. Pada seminar tersebut, panitia mengundang salah satu pakar dari Regional Science Bureau for Asia and the Pacific UNESCO sebagai pembicara yang membentangkan makalah berjudul “Adjusting Science and Technology Education to Promote Sustainable Development.” Kunjungan pakar UNESCO ke UIN Suska diikuti dengan Laboratorium Tour yang kemudian berujung pada tawaran mengikuti workshop di Singapura. Capaian langka ini merupakan bukti pentingnya universitas membangun network yang produktif dengan berbagai pihak, di dalam dan di luar negeri. Info singkat tentang Seminar Internasional FST 2011 dapat dilihat di SINI.

Dalam workshop yang didanai UNESCO, lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini, Poppy akan berkunjung ke Science Centre Singapore, mendengarkan presentasi National Instruments ASEAN, dan belajar tentang penyusunan kurikulum engineering di perguruan tinggi. Sebagai bagian dari workshop, Poppy juga akan diajak mengunjungi sekolah-sekolah di Singapura untuk melihat proses pembelajaran sains dan teknologi di sekolah dan berpartisipasi dalam berbagai engineering competition seperti “National Junior Robotics Competition,” “Singapore Amazing Flying Machine Competition,” dan “IgNITE competition.”

Selain itu, Poppy juga akan mengunjungi beberapa pameran yaitu “NJRC,” “Climate change exhibitions,” “Invent,” dan pameran “Ecogarden.” Sedangkan beberapa pelatihan utama yang akan diikuti Poppy adalah “MyDAQ + Water Quality Monitoring,” “SAM Animation,” “Robotics Learning Centre,” dan “Developing Curriculum and Activities in Science, Technology and Engineering.”

Setelah kembali dari workshop, Poppy akan menyebarkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang didapatkannya di Singapura kepada dosen-dosen Fakultas Sains dan Teknologi.

Atas nama UIN Suska Riau, Ketua Jurusan Teknik Elektro mengucapkan selamat kepada Poppy dan berterima kasih kepada UNESCO, panitia Seminar Internasional FST UIN Suska Riau, pimpinan FST UIN Suska Riau, dan pimpinan UIN Suska Riau.

Untuk informasi tentang lembaga-lembaga yang terlibat dalam workshop ini, silahkan klik pada logo di bawah ini.

UIN Suska Riau

Science Centre Singapore

About Admin-UIN

Check Also

Kunjungan Industri Mahasiswa TE

Mahasiswa Teknik Elektro yang tergabung dalam peminatan studi energi melaksanakan kunjungan industri ke PTPN V …

Leave a Reply