Course Problem Learning(CPL) Prodi Teknik Elektro
CP1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dan mengamalkan kode etik profesi secara Islami. |
CP2 | Mampu berkomunikasi secara efektif serta bekerja secara mandiri dan secara tim, baik sebagai anggota maupun pemimpin. |
CP3 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menghargai keberagaman dalam menjalankan tugas berdasarkan moral dan etika. |
CP4 | Mempunyai pengetahuan dalam isu-isu terkini dalam bidang Teknik Elektro dan menjadi pembelajar sepanjang hayat. |
CP5 | Menguasai konsep matematika dan sains, serta mampu menggunakan komputasi dan komputer untuk menganalisis/merancang/mengembangkan suatu sistem rekayasa yang kompleks dalam bidang Teknik Elektro. |
CP6 | Memiliki keahlian dalam melakukan percobaan di laboratorium maupun di lapangan, menggunakan metode dan perangkat kerja dalam bidang Teknik Elektro, dan mampu menyusun laporan teknis. |
CP7 | Mampu merancang solusi optimal untuk mengatasi permasalahan dan memenuhi kebutuhan dalam bidang keteknikan melalui pendekatan multidisipliner. |
CP8 | Mampu membuat, mengkomunikasikan dan menyebarluaskan karya ilmiah yang berkualitas dan berstandar nasional. |
CP9 | Mempunyai wawasan dalam bisnis dan kewirausahaan |
Melahirkan Ahli Teknik Elektro Islami
Kurikum Jurusan Teknik Elektro didesain untuk membantu mahasiswa mendapatkan lebih dari satu pengetahuan dan keahlian serta menawarkan cara baru memandang dunia. Ciri utama kurikulum kami adalah penggabungan (integrasi) antara nilai-nilai mulia Islam, pengetahuan Teknik Elektro, dan keterampilan hidup lainnya.
Model kurikulum yang kami tawarkan tidak hanya untuk melahirkan Sarjana Teknik Elektro yang luas dan dalam wawasan keilmuannya, kuat keterampilan hidupnya, dan tinggi etos kerjanya; namun yang lebih penting adalah keseimbangan dengan akidah yang kuat, ibadah yang mantap, dan akhlak yang mulia.
Kami percaya bahwa kurikulum yang kami tawarkan adalah jawaban bagi perkembangan zaman sehingga tidak hanya fokus pada keutamaan duniawai namun juga sebagai tugas suci manusia selaku hamba Allah dan khalifah di muka Bumi. In sha Allah.
Unduh Kurikulum 2010Unduh Kurikulum 2015Daftar Konversi mata kuliah dari kurikulum 2010 ke kurikulum 2015Unduh Kurikulum 2020- Unduh Kurikulum Restrukturisasi 2022
- Daftar konversi dari kurikulum 2020 ke kurikulum 2022 dapat diunduh di sini
Islami dalam Perspektif yang Luas
Kurikulum kami dirancang untuk mendapatkan keahlian fundamental dalam konteks yang kaya, mulai dari pengetahuan teknik elektro, computer skill, komunikasi, wawasan kebangsaan, problem solving, kewirausahaan, dan lingkungan hidup. Sedangkan aspek etika dan moral ke-Islaman yang merupakan ciri khas pendidikan di UIN Suska Riau, diintegrasikan dalam setiap situasi.
Pada semester 1 sampai 4 semua mahasiswa Jurusan Teknik Elektro mendapat kurikulum yang sama. Sedangkan pada semester 5 sampai 8 mahasiswa memilih konsentrasi sesuai minat dan bakatnya. Total beban studi mahasiswa adalah 146 SKS dalam waktu 8 semester.
Praktikal
Berbagai mata kuliah praktikum memungkinkan mahasiswa memahami, menganalisa, dan menerapkan pengetahuannya dalam wilayah praktis. Keterampilan praktis juga didapatkan melalui Kerja Praktek selama satu bulan di industri, mengerjakan Proyek Mini, dan melalui tugas-tugas berbentuk studi kasus.
Keahlian yang Dalam
Kurikulum setiap konsentrasi dan mata kuliah-mata kuliah pilihan memungkinkan mahasiswa untuk menyelami lebih dalam ke disiplin ilmu sesuai konsentrasi yang diminati. Tiga konsentrasi yang ditawarkan di Jurusan Teknik Elektro adalah Elektronika Instrumentasi, Telekomunikasi, Teknik Komputer dan Energi.
Global
Kurikulum Jurusan Teknik Elektro membuka kesempatan yang luas kepada mahasiswa untuk memandang setiap cabang pengetahuan dari perspektif global. Materi-materi terbaru dari berbagai sumber di dunia kami bawa ke Jurusan Teknik Elektro untuk memberi mahasiswa wawasan global dalam bidang yang dipelajarinya.
Berkelanjutan
Jurusan Teknik Elektro memiliki komitmen yang tinggi terhadap isu-isu keberlanjutan (sustainability). Kurikulum didesain untuk mewujudkan komunitas akademik yang memperlakukan teknologi, ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup, sebagai elemen-elemen yang saling mempengaruhi dan mewujudkan masa depan pembangunan yang berkelanjutan.