Jurusan Teknik Elektro
Home / Kurikulum

Kurikulum

Melahirkan Ahli Teknik Elektro Islami

Kurikum Jurusan Teknik Elektro didesain untuk membantu mahasiswa mendapatkan lebih dari satu pengetahuan dan keahlian serta menawarkan cara baru memandang dunia. Ciri utama kurikulum kami adalah penggabungan (integrasi) antara nilai-nilai mulia Islam, pengetahuan Teknik Elektro, dan keterampilan hidup lainnya.

Model kurikulum yang kami tawarkan tidak hanya untuk melahirkan Sarjana Teknik Elektro yang luas dan dalam wawasan keilmuannya, kuat keterampilan hidupnya, dan tinggi etos kerjanya; namun yang lebih penting adalah keseimbangan dengan akidah yang kuat, ibadah yang mantap, dan akhlak yang mulia.

Kami percaya bahwa kurikulum yang kami tawarkan adalah jawaban bagi perkembangan zaman sehingga tidak hanya fokus pada keutamaan duniawai namun juga sebagai tugas suci manusia selaku hamba Allah dan khalifah di muka Bumi. Insya Allah.

Note: Kode mata kuliah pada ketiga file di atas belum final.

Islami dalam Perspektif yang Luas

Kurikulum kami dirancang untuk mendapatkan keahlian fundamental dalam konteks yang kaya, mulai dari pengetahuan teknik elektro, computer skill, komunikasi, wawasan kebangsaan, problem solving, kewirausahaan, dan lingkungan hidup. Sedangkan aspek etika dan moral ke-Islaman yang merupakan ciri khas pendidikan di UIN Suska Riau, diintegrasikan dalam setiap situasi.

Pada semester 1 sampai 4 semua mahasiswa Jurusan Teknik Elektro mendapat kurikulum yang sama. Sedangkan pada semester 5 sampai 8 mahasiswa memilih konsentrasi sesuai minat dan bakatnya. Total beban studi mahasiswa adalah 146 SKS dalam waktu 8 semester.

Praktikal

Berbagai mata kuliah praktikum memungkinkan mahasiswa memahami, menganalisa, dan menerapkan pengetahuannya dalam wilayah praktis. Keterampilan praktis juga didapatkan melalui Kerja Praktek selama satu bulan di industri, mengerjakan Proyek Mini, dan melalui tugas-tugas berbentuk studi kasus.

Keahlian yang Dalam

Kurikulum setiap konsentrasi dan mata kuliah-mata kuliah pilihan memungkinkan mahasiswa untuk menyelami lebih dalam ke disiplin ilmu sesuai konsentrasi yang diminati. Tiga konsentrasi yang ditawarkan di Jurusan Teknik Elektro adalah Elektronika Instrumentasi, Telekomunikasi, dan Teknik Komputer. Dalam waktu dekat akan dibuka konsentrasi Energi.

Global

Kurikulum Jurusan Teknik Elektro membuka kesempatan yang luas kepada mahasiswa untuk memandang setiap cabang pengetahuan dari perspektif global. Materi-materi terbaru dari berbagai sumber di dunia kami bawa ke Jurusan Teknik Elektro untuk memberi mahasiswa wawasan global dalam bidang yang dipelajarinya.

Berkelanjutan

Jurusan Teknik Elektro memiliki komitmen yang tinggi terhadap isu-isu keberlanjutan (sustainablilty). Kurikulum didesain untuk mewujudkan komunitas akademik yang memperlakukan teknologi, ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup, sebagai elemen-elemen yang saling mempengaruhi dan mewujudkan masa depan pembangunan yang berkelanjutan.

© Copyright %year%, FST Website Center