Home / Sejarah

Sejarah

Program Studi Teknik Elektro UIN Suska Riau mulai menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran (TA) 2003/2004. Legalitas Program Studi Teknik Elektro diraih dari Presiden Republik Indonesia pada tahun 2005. Proposal pendirian Program Studi Teknik Elektro disusun oleh Eddy Hamdani, ST., MT. dan Suwitno, ST., MT. Mereka berdua adalah dosen mitra dan kemudian menjadi Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi Pertama di Program Studi Teknik Elektro.

Pada tahun pertama Program Studi Teknik Elektro merekrut tiga orang dosen kontrak yaitu Iswadi, ST., Alex Wenda ST., dan Kunaifi, ST. Mereka bertiga adalah dosen tetap UIN Suska pertama yang ditempatkan di Program Studi Teknik Elektro. Beberapa tahun kemudian Iswadi, ST. mendapat posisi sebagai dosen di Program Studi Teknik Elektro Universitas Riau dan beralih status sebagai dosen Luar Biasa di Program Studi Teknik Elektro UIN Suska Riau. Iswadi ST. kemudian melanjutkan pendidikan dan meraih gelar Magister Teknik (MT) dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Sedangkan Alex Wenda, ST. menyusul melanjutkan pendidikan dan meraih gelar Master of Engineering (M. Eng.) dari Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), dan kini Alex Wenda dalam tahap penyelesaian desertasi Doktor pada universitas yang sama. Menyusul kemudian Kunaifi melanjutkan pendidikan spesialis dan meraih gelar Post Graduate Diploma in Energy Studies (PgDipEnSt) dari Murdoch Universisty Australia, yang dilanjutkannya dengan pendidikan Master pada universitas yang sama hingga meraih gelar Master of Science (M.Sc.)

Pada tahun-tahun pertama, Program Studi Teknik Elektro hanya terdiri dari dua konsentrasi, yaitu Konsentrasi Elektronika dan Konsentrasi Telekomunikasi. Kemudian Program Studi Teknik Elektro membuka konsentrasi baru di bidang Teknik Komputer. Saat ini (2011) Program Studi Teknik Elektro masih memiliki tiga konsentrasi di atas. Dalam waktu dekat direncanakan membuka konsentrasu baru yaitu Energi.

Hingga 2008 Program Studi Teknik Elektro berada di Kampus 1 UIN Suska Riau di Jl. KH. A. Dahlan, Sukajadi, Pekanbaru. Dalam periode 2005 – 2009 dilakukan pembangunan Kampus 2 UIN Suska Riau di Panam, Pekanbaru, dengan dana dari Islamic Development Bank, Jeddah dan Pemerintah Indonesia. Setelah sebagian Kampus 2 selesai dibangun, tahun 2008 Program Studi Teknik Elektro pindah ke Kampus 2 hingga kini.

Berikut adalah Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi Teknik Elektro sejak berdiri:

Periode 1
Ketua Program Studi: Eddy Hamdani, ST., MT.
Sekretaris Program Studi: Suwitno, ST., MT.

Periode 2
Ketua Program Studi: Triarman, ST., MT.
Sekretaris Program Studi: Liliana, ST., M.Eng.

Periode 3
Ketua Program Studi: Triarman, ST., MT.
Sekretaris Program Studi: Rika Susanti, ST., M.Eng.

Periode 4
Ketua Program Studi: Teddy Purnamirza, ST., M.Eng.
Sekretaris Program Studi: Zulfatri Aini, ST., MT.

Periode 5
Ketua Program Studi: Kunaifi, ST., PgDipEnSt., M.Sc.
Sekretaris Program Studi: Zulfatri Aini, ST., MT.

Periode 6
Ketua Program Studi: Dr. Alex Wenda, ST., M. Eng.
Sekretaris Program Studi: Ewi Ismaredah, S.Kom., M. Kom.

Periode 6
Ketua Program Studi: Ewi Ismaredah, S.Kom., M. Kom.
Sekretaris Program Studi: Mulyono, ST., MT.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright %year%, FST Website Center