Home / Berita Terbaru / Artikel Penelitian Staf akademik T.Elektro kembali diterbitkan di Jurnal Internasional

Artikel Penelitian Staf akademik T.Elektro kembali diterbitkan di Jurnal Internasional

Pekanbaru, Minggu, 7 Oktober 2012

Staf akademik jurusan T. Elektro UIN Suska memiliki kemampuan penelitian yang sebanding dengan staf akademik jurusan yang sama dari universitas nasional maupun internasional. Hal ini dibuktikan dengan terbitnya beberapa artikel hasil penelitian dosen-dosen T.Elektro UIN Suska di jurnal lokal, nasional, bahkan internasional.

Baru-baru ini, sekali lagi, artikel penelitian salah seorang dosen T. Elektro UIN Suska mampu menembus publikasi di Jurnal internasional. Artikel yang berjudul “The Extreme Beamsquint Technique to Minimize the Reflection Coefficient of Very Small Aperture Radial Line Slot Array Antennas” ini ditulis oleh Teddy Purnamirza bersama T.A Rahman dan M.H.Jammaludin dan diterbitkan oleh Journal of Electromagnetic Waves and Applications (JEMWA), Volume 26, 2012. JEMWA  adalah jurnal internasional bergengsi dalam bidang elektromagnetik dengan faktor pengaruh (Impact Factor) sebesar 2.968.

Artikel bidang telekomunikasi (antena) ini mengusulkan penggunaan teknik extreme beamsquint untuk mengatasi permasalahan koefisien pantul yang terlalu tinggi pada antenna VSA-RLSA (Antena RLSA dengan ukuran diameter kecil kurang dari 15 cm). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik ini mampu mengurangi koefisien pantul dari rata-rata diatas -10 dB menjadi rata-rata -18 dB, sehingga dapat terbentuk bandwidth sebesar 200 MHz di frekuensi pusat 5.8 GHz. Disamping itu penggunaan teknik ini juga mampu menaikkan effisiensi antenna VSA-RLSA sampai 90%. Kemampuan teknik ini dalam mengurangi koefesien pantul, membentuk bandwidth dan meningkatkan efesiensi antena VSA-RLSA merupakan suatu langkah maju yang signifikan dalam merealisasikan pengembangan teknologi RLSA untuk antena kecil, yang mana merupakan suatu hal yang sulit direalisasikan pada waktu yang lalu.

About Admin-TE

Check Also

IMG-20171219-WA0048

Tim Badminton Teknik Elektro Borong Prestasi

Prestasi terus diukir oleh mahasiswa Teknik Elektro dalam berbagai ajang lomba. Dalam bidang badminton yang …

2 comments

  1. Semoga prestasi pak Teddy yang luar biasa ini menular ke dosen TE lain dan menjadi bahan memperkaya materi kuliah kepada mahasiswa. Selamat dan bangga kepada pak Teddy. –Kun–

    • Terimakasih ucapan selamatnya Pak Kun, Hanya kepada Allah subhanawataala lah kita memuji dan bersyukur. Semuanya ini karena bantuan dan ketentuan-Nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright %year%, FST Website Center