Jurusan Teknik Elektro

Mahasiswa Berprestasi di September 2021

Pemilihan Duta Bahasa Riau 2021 adalah gelaran yang ditaja oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Provinsi Riau. Kegiatan diawali dengan pendaftaran para peserta yang dibuka mulai tanggal 1 sampai 12 September 2021 untuk pengumpulan berkas dan seleksi secara administrasi. Sebanyak 95 pendaftar yang lolos hasil seleksi administrasi melangkah ke tahap seleksi berikutnya yang terdiri dari wawancara, penampilan minat dan bakat, dan tes tertulis. Seluruh tahap seleksi tersebut mencakup pada tiga komponen yaitu mengenai kebahasaan, sastra, dan kebudayaan Melayu Riau. Dari 95 orang pendaftar, kemudian tersaring sebanyak 20 peserta yang lolos menjadi 10 pasangan finalis Duta Bahasa Riau 2021 yang berlanjut menjalani masa karantina. Selama masa karantina, 10 pasang finalis mendapatkan pembekalan materi dan arahan dari balai bahasa, dan tentunya juga latihan untuk persiapan acara Hari Puncak Pemilihan Duta Bahasa Riau 2021. Pemenang Duta Bahasa Riau terdapat dalam lima kategori yaitu, peraih juara 1, 2, 3, gelar juara Duta Bahasa Persahabatan dan juara Duta Bahasa Favorit.

Setelah hampir 3 minggu berkompetisi secara intens, hingga akhirnya pada hari puncak pengumuman Pemilihan Duta Bahasa Riau 2021 tanggal 30 September 2021 pukul 13.30 WIB bertempat di Hotel Grand Central Pekanbaru, adalah Fazel Al Dzikri [11850511569] yang berhasil meraih Juara 1 dan Gia Pratiwi [11850521498] sebagai pemenang juara Duta Bahasa Persahabatan. Insan-insan cerdas dan berakhlak mulia yang membanggakan orang tuanya, mereka juga adalah duo mahasiswa dari Teknik Elektro UIN SUSKA RIAU yang mengukirkan karyanya dengan bukti prestasi yang turut membanggakan bagi almamater.

Gia Pratiwi – Juara Duta Bahasa Persahabatan
Fazel Al Dzikri – Juara 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dukungan serta motivasi dari segenap civitas Teknik Elektro UIN SUSKA RIAU akan selalu siap mengantarkan langkah mahasiswa tersebut melaju berkompetisi pada gelaran yang sama pada tingkat nasional yang lebih seru dan bergengsi. Tahniah untuk Fazel dan Gia, prestasimu tidak hanya menjadi gebyar terang dalam arungan hidupmu, tapi juga telah menorehkan warna indah pada dinamika semangat almamater. Good job !

Para Finalis

Sekilas pengalaman berkesan/unik bagi sang juara
“Pengalaman yang paling berkesan bagi saya adalah ketika kegiatan mancakrida, di sana kami ditempa untuk berpikir cepat, kreatif, dan kerja sama tim. Kami ditantang untuk memecahkan sebuah masalah melalui sebuah permainan, disanalah karakter diri dan kerja sama tim kami diuji” [Fazel Al Dzikri, 2021]

“Dalam pembekalan finalis Duta Bahasa Riau 2021, kami diberi pemahaman mengenai semangat pengutamaan Bahasa Indonesia, pelestarian bahasa daerah dan penguasaan bahasa asing. Saya tidak terlalu mengalami kesulitan selama pelatihan karena bahasa, sastra dan budaya Melayu adalah hal yang sangat saya minati dari kecil hingga sekarang namun tetap harus saya perdalami lagi. Namun hal yang menjadi sebuah kejutan bagi saya adalah penampilan yang baik juga harus dipenuhi oleh seorang Duta Bahasa, salah satunya ialah memakai hak tinggi dengan minimal 9 cm. Ini adalah hal yang sangat baru bagi saya, awalnya saya mengalami kesulitan namun semakin lama sudah mulai membiasakan diri. Mungkin ibaratnya seperti peralihan dari sepatu safety ke sepatu hak tinggi” [Gia Pratiwi, 2021]

Referensi :

Pemilihan Duta Bahasa Riau Tahun 2021

About Electrical Engeenering Department

Check Also

Tim Badminton Teknik Elektro Borong Prestasi

Prestasi terus diukir oleh mahasiswa Teknik Elektro dalam berbagai ajang lomba. Dalam bidang badminton yang …