Home / Berita Terbaru / UIN Suska dan HAW Jerman Segera Install PLTS di Gedung Pemprov

UIN Suska dan HAW Jerman Segera Install PLTS di Gedung Pemprov

Untuk kedua kalinya pakar energi terbarukan dari Hochschule Amber-Weiden (HAW) Jerman, Prof. Dr. Ing. Magnus Jaeger, mengunjungi UIN Suska Riau. Kunjungan kedua berlangsung tanggal 6-7 Juli 2011 yang lalu. Kunjungan ini merupakan bagian dari perjanjian kerjasama yang telah ditandatangani kedua universitas 10 November 2010 yang lalu. Perjanjian tersebut melibatkan berbagai pihak yaitu Pemerintah Propinsi Riau, Pemerintah Kota Weiden, HAW, dan UIN Suska Riau. Di masa datang pada saat kerjasama terbut diimplementasikan secara menyeluruh, juga akan melibatkan pemerintah kota Pekanbaru.

Kegiatan diawali dengan rapat bertempat di Kantor Gubernur Riau. Rapat yang produktif ini dipimpin oleh Wakil Gubernur Riau H.R. Mambang Mit dan dimulai pukul 11:00 WIB dan berakhir pukul 14:00 WIB. Di dalam rapat ini masing-masing pihak menyampaikan konsepnya untuk mengimplementasikan penjanjian kerjasama. Wakil Gubernur Riau mengawali menyampaikan konsep Pemprov Riau, disusul Prof. Jaeger mewakili HAW dan Dr. Promadi dan Kunaifi mewakili UIN Suska.

Di dalam rapat tersebut UIN Suska Riau diwakili oleh Pembantu Rektor IV Dr Promadi tim Energy Research Centre (EnReach) yang terdiri dari Kunaifi, Novrianto, Petir Papilo, Zulfatri Aini, Liliana, dan Nesdi Evrilyen. Hadir juga para kepala dinas terkait dan badan di lingkungan Pemprov Riau dan beberapa BUMD dan BUMN (PT. SPR, PT. BSP, PT. Riau Power, dan PTPN V).

Selain menegaskan tentang tiga bidang kerjasama, yaitu energi terbarukan, efisiensi energi dan, kehutanan berkelanjutan, rapat ini juga membahas tentang beberapa peluang lain yaitu aplikasi energi terbarukan di sektor lain seperti perikanan dan pertanian, dan aplikasi energi terbarukan dan efisiensi energi di industri dan BUMD milik Pemerintah Riau.

Kegiatan selanjutnya adalah pertemuan HAW Jerman dengan UIN Suska Riau bertempat di kampus UIN Suska Riau. Pertemuan tersebut dilaksanakan pukul 16:00 WIB sampai 17:30 WIB. Pihak UIN Suska diwakili oleh Rektor Prof HM Nazir, Purek 1 Prof Munzir Hitami, Purek 4 Dr Promadi, para Dekan, para Ketua Jurusan, dan EnREach.

Di dalam pertemuan ini EnReach, diwakili oleh Kunaifi, memaparkan secara lebih menukik tentang bentuk kerjasama yang diusulkan UIN pada tahun 2012. Di antara tawaran UIN Suska Riau yang mendapat persetujuan dari HAW Jerman adalah: (1) melanjutkan menerima mahasiswa HAW Jerman untuk melakukan penelitian di UIN Suska, (2) mengirim mahasiwa UIN Suska untuk luliah satu semester di HAW Jerman, (3) melaksanakan penelitian bersama di Propinsi Riau, (4) mengerjakan proyek-proyek energi yang didanai Pemprov Riau, dan (5) kunjungan akademik Rektor dan pimpinan UIN Suska ke HAW Jerman.

Kemudian, diadakan presentasi oleh Rudolf, mahasiswa HAW yang sedang melaksanakan penelitian di UIN Suska Riau. Rudolf memaparkan penelitiannya dalam mengubah pelepah kelapa sawit menjadi briket dan ethanol. Presentasi ini mendapat sambutan luar biasa dari pimpinan UIN Suska Riau.

Pada hari kedua, kegiatan dimulai dengan survei lokasi calon tempat instalasi photovoltaic. Survei dilakukan oleh Prof Jaeger, Rudolf, beberapa tim dari EnReach, dan pengelola gedung Pemprov Riau. Survei pertama dilakukan di atap kantor Gubernur Riau, berlanjut ke atap kantor Balitbang Riau, dan diakhiri di kantor Distamben Riau. Pada ketiga gedung tersebut diamati aspek teknis dan non teknis dari instalasi photoviltaic. Sistem photovoltaic (PLTS) yang akan dipasang akan tersambung dengan jaringan PLN.

Setelah survei lapangan Prof Jaeger berkunjung ke Lab Jurusan Pertanian UIN Suska Riau untuk menyaksikan secara langsung eksperimen yang dilakukan oleh mahasiswanya, Rudolf. RUdolf memaparkan secara rinci tahapan-tahapan dan peralatan yang digunakannya untuk penelitian. Rudolf juga mempelihatkan hasil dari penelitiannya. Setelah mengajukan pertanyaan selama 1 jam lebih, Prof Jaeger terlihat puas dengan hasil penelitian mahasiswanya.

Kegiatan Prof Jaeger di Pekanbaru diakhiri dengan diskusi terbatas dengan EnReach bertempat di Fakultas Sains da Teknologi. Pihak EnReach diwakili oleh Kunaifi, Novrianto, dan Zulfatri Aini. Di dalam diskusi ini dibahas aspek-aspek teknis tentang kerjasama, khsusunya tentang pemasangan PLTS di salah kantor Pemprov Riau.

Prof. Magnus Jaeger direncanakan kembali ke Pekanbaru dalam dua bulan mendatang dengan membawa pihak produsen sistem photovoltaic. Agenda pada kunjungan tersebut adalah pemasangan sistem photovoltaic di salah satu kantor Pemda Riau dan kunjungan ke beberapa lokasi yang potensial untuk dijadikan proyek energi. Insya Allah.

Di bawah ini terdapat foto-foto kegiatan antara 6-7 Juli 2011.

About Admin-TE

Check Also

IMG-20171219-WA0048

Tim Badminton Teknik Elektro Borong Prestasi

Prestasi terus diukir oleh mahasiswa Teknik Elektro dalam berbagai ajang lomba. Dalam bidang badminton yang …

One comment

  1. i’ts very amazing.., TE UIN SUSKA is awesome
    TE ngetop (SCTV bilang)
    TE Oke (kata RCTI)
    TE semakin di depan (saut YAMAHA)

    :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright %year%, FST Website Center