Home / Study Skill / Tips Menghadapi Ujian

Tips Menghadapi Ujian

Oleh: Abdillah

Sebelum menghadapi ujian, sebagian mahasiswa terlihat tenang karena telah menyelesaikan tugas dan menghafal latihan soal setiap pekan. Sebagian ada juga yang masih tenang-tenang saja meskipun belum punya persiapan apa-apa untuk menghadapi ujian. Ada juga yang panik karena ada tugas yang belum selesai sementara itu beberapa mata kuliah belum ada persiapan.

Dalam tulisan ini saya ingin memberikan tips bagaimana mempersiapkan diri menghadapi ujian dalam waktu singkat. Tapi tips ini sebaiknya tidak menjadi kebiasaan menghadapi ujian akhir semester. Bagaimanapun mahasiswa yang menunda pekerjaan sampai detik-detik terakhir TIDAK AKAN BERHASIL dalam pelajarannya.

Pertama, selesaikan semua tugas dengan baik sesegera mungkin. Anda tak akan dapat berkonsentrasi belajar jika pikiran masih bercabang untuk mengerjakan tugas dari dosen.

Kedua, rencanakan dan bagilah waktu belajar Anda dalam waktu satu pekan ke depan, kemudian tempel di dekat meja belajar Anda. Kumpulkan semua buku referensi, handout dan catatan kuliah. Beristirahatlah sejenak setelah belajar satu setengah jam kemudian lanjutkan lagi. Bacalah buku sambil menggarisbawahi kalimat-kalimat yang penting.

Ketiga, buatlah daftar bab dan sub-bab materi ujian untuk setiap mata kuliah. Buatlah ringkasan apa yang menjadi bagian penting dari setiap sub-bab. Setiap selesai satu bab, berhentilah sejenak untuk memeriksanya kembali sambil menghafalkannya. Untuk mata kuliah yang memerlukan perhitungan, penting sekali untuk berlatih mengerjakan soal. Jika ada contoh soal dan penyelesaian dari buku atau pembahasan soal tugas dari dosen, TULISLAH KEMBALI SAMBIL MENGHAFALKAN bagaimana cara menyelesaian soal tersebut.

Keempat, untuk mata kuliah yang Anda anggap sulit, ajaklah satu atau dua orang teman yang sungguh-sungguh mau belajar, kemudian diskusikan dengan mereka mengenai materi yang dianggap sulit itu. Belajarlah di tempat yang tenang dan hindari belajar sambil makan atau nonton televisi karena hal itu akan menghalangi pikiran Anda.

Yang terakhir, berdo’alah pada malam hari sebelum hari ujian dan beristirahatlah dengan cukup . Jika Anda kurang sehat atau mengantuk, Anda tak akan dapat menghadapi ujian dengan baik. Datanglah lebih awal sebelum ujian dimulai agar Anda bisa beristirahat sejenak sebelum ujian. Hindari semua hal-hal yang dilarang selama ujian dan jangan lupa membawa alat tulis dan kalkulator jika diperlukan.

Kelima, jangan sekali-kali mencontek buku/teman supaya selamat.

About Admin-TE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Copyright %year%, FST Website Center