Jurusan Teknik Elektro

Dosen EE Berikan Kuliah di Fisika FMIPA UNRI

Salah satu dosen di Jurusan Teknik Elektro, Kunaifi, menjadi dosen tamu pada mata kuliah Kapita Selekta di Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Riau. Kehormatan ini diberikan oleh Dr. Lazuardi Umar yang menjadi penanggung jawab mata kuliah Kapita Selekta.

Kunaifi menyampaikan topik “Peran Fisikawan dalam Pengembangan Energi Berkelanjutan.”

Kuliah yang dihadiri sekitar 40 mahasiswa tersebut diawali dengan pemaparan Kunaifi terkait peningkatan kebutuhan energi (terutama fossil fuels) global sebagai konsekuensi dari peningkatan populasi, yang sekaligus meningkatkan emisi gas rumah kaca. Kemudian Kunaifi mengajak mahasiswa melihat potret akses energi di mana miliaran populasi dunia masih bergantung pada dapur tradisional yang berdampak buruk pada kesehatan khususnya perempuan dan anak-anak. Diskusi dilanjutkan dengan cadanagn fossil fuel yang makin sedikit sehingga tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan yang selalu meningkat, dan sebagain akibatnya meningkat harga energi.

Kunaifi kemudian membahas tentang pentingnya energi berkelanjutan sebagai salah satu solusi yang penting, dalam bentuk energi baru (misalnya fusi nuklir, fule cell, dsb), energi terbarukan (surya, angin, biomassa, hydro, geothermal, laut, dsb.), dan efisiensi energi (di rumah, kantor, industri, dan transportasi).

Presentasi diakhiri dengan berbagai peran yang dapat dimainkan fisikawaan dalam pengembangan energi berkelanjutan. “Fisikawan memiliki peran penting dalam research, development, demonstration, deployment, dan education, energi berkelanjutan,” kata Kunaifi.

Dalam sessi diskusi, mahasiswa terlibat aktif menggali lebih dalam mengenai suplai energi, dengan perhatian khusus pada energi fossil.

File presentasi dapat didownload dari SINI.

Image credit: http://cutcaster.com/photo/100654345-Energy-physics-background-concept/

About Admin-UIN

Check Also

Kunjungan Industri Mahasiswa TE

Mahasiswa Teknik Elektro yang tergabung dalam peminatan studi energi melaksanakan kunjungan industri ke PTPN V …

Leave a Reply