Jurusan Teknik Elektro

Tim Mahasiswa Teknik Elektro – FST Memenangkan Kompetisi Level PTKI Nasional

Kiri : M Busra ; Tengah : Yuliandini ; Kanan : Ibnu

Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Se-Indonesia(OASE PTKI) dan Pekan Seni Olahraga Mahasiswa Nasional(PESONA) adalah pengembangan dari even kegiatan lomba yang rutin dilaksanakan yang semula bernama Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset(PIONIR). OASE PTKI I Se-Indonesia Tahun 2021 yang diselenggarakan di UIN AR-RANIRY BANDA ACEH merupakan kali pertama secara resmi istilah OASE digunakan pada event lomba tersebut dan sebanyak 8 kategori lomba yang dipertandingkan meliputi Sains, Karya Inovasi, Business Plan, Debat Ilmiah, Qiraatul Qutub, Fahmil Qur’an, Story Telling dan Dai Mahasiswa.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pendaftaran peserta mulai tanggal 5-18 Oktober 2021, dilanjutkan dengan babak penyisihan mulai tanggal 23-13 November 2021. Acara puncak final dilaksanakan pada tanggal 25-28 November 2021.

Presentasi di depan Dewan Juri

Sebanyak tiga(3) tim dari UIN SUSKA RIAU yang terdiri dari 2 tim dari Fakultas Sains dan Teknologi(FST) dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan(FTK) berhasil lolos ke tahap final dalam kategori lomba : Iklim, Limbah dan Sumber Daya Terbarukan ; Nanoteknologi ; Deteksi & Mitigasi Bencana.

Berfoto bersama Dewan Juri

Tim deteksi dan mitigasi bencana dari FST mengusung judul “Early Warning System menggunakan Teknologi Wireless Sensor Network” termotivasi dari keprihatinan terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di provinsi Riau dan beberapa provinsi lain di Indonesia.

Berfoto di Depan Halaman Gedung Aula UIN Ar-Raniry Aceh

Early Warning System yang ditampilkan oleh Tim yang adalah mahasiswa Teknik Elektro – FST beranggotakan Yuliandini Norhaliza Adhe(11850521552), Ibnu Habibi Tanjung(11850510483) dan M Busra(11850510454) pada akhirnya berhasil meraih prestasi juara harapan 1 kategori karya inovasi cabang deteksi dan mitigasi bencana dan membawa pulang hadiah dan sertifikat yang disediakan oleh panitia. Prestasi yang membanggakan almamater dikancah kompetisi skala nasional. Selamat untuk raihan prestasinya dan karya yang kompetitif. Jika elektro, berprestasilah !

Kesan anggota tim :

Yuliandini Norhaliza Adhe : “Kesan yang saya rasakan selama mengikuti oase ini tentu nya perasaan bahagia walau proses nya penuh lika liku, tapi output yang didapat selain pengalaman tentu nya saya dapat melihat ide ide kreatif lainnya dari teman teman universitas lain sehingga bisa saling sharing ilmu, pengalaman dapat, teman baru dapat, menjelajahi kota baru dapat. Harapannya semoga kedepannya kegiatan seperti ini tetap berlanjut agar ide ide kreatif mahasiswa dapat tersalurkan”

Ibnu Habibi Tanjung : “Kesan saya adalah oase dapat menambah teman dan ilmu dari berbagai ptki di seluruh Indonesia”

M Busra : “Kesan saya adalah dapat menambah ilmu dan juga pengalaman”

link terkait :
[1] https://oase.ar-raniry.ac.id/?page_id=29

[2] https://oase.ar-raniry.ac.id/wp-content/uploads/2021/11/1-KARYA-INOVASI.pdf

[3] https://uin-suska.ac.id/2021/11/24/lepas-berangkat-kontingen-uin-suska-riau-mengikuti-final-oase-i-di-uin-ar-raniry-banda-aceh/

 

 

 

 

About Electrical Engeenering Department

Check Also

Mahasiswa Teknik Elektro Raih Pemuncak Universitas dan Cum Laude Pada Wisuda Periode IV

Rabu, 27 Februari 2019 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau kembali melakukan kegiatan Wisuda …