Jurusan Teknik Elektro

Laboratorium PLTS Universitas Pertama se-Indonesia diresmikan

Rektor menandatangani piagam peresmian Lab. PLTS dan Software Engineering

Rabu, 9 Februari 2022 pukul 11.00 WIB Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau Prof. Dr. Hairunas, M.Ag secara resmi menandatangani piagam peresmian 2 (dua) Laboratorium Pembangkit Listrik Tenaga Surya(PLTS) dan Laboratorium Software Engineering di Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Acara yang bertempat di rooftop gedung laboratorium dasar UIN Suska Riau tersebut dibuka dengan pembacaan ayat Al Quran sebagaimana culture dari UIN SUSKA. Acara peresmian laboratorium dihadiri oleh beberapa mitra kerja UIN SUSKA diantaranya P.T Pertamina Hulu Rokan (PHR), perwakilan P.T PLN Unit Induk Riau dan Kepri, Dinas ESDM Provinsi Riau, beberapa pejabat di lingkungan UIN SUSKA dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Dr. Kunaifi, S.T, PgDipEnst, M.Sc sebagai Ketua Panitia menyatakan bahwa UIN SUSKA adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang membuka program studi Strata 1 Energi Berkelanjutan. Laboratorium PLTS UIN SUSKA RIAU adalah salah satu wujud capaian yang telah diprogramkan oleh Program Studi Teknik Elektro dan menjadi laboratorium PLTS pertama se-universitas di Indonesia yang khusus dirancang untuk keperluan penelitian dan pelatihan. Laboratorium PLTS ini sekaligus mengukuhkan posisi UIN SUSKA sebagai universitas pertama dan terdepan di bidang PLTS.

Kunaifi(kanan) sedang memberikan uraian penjelasan kepada perwakilan P.T PLN Riau & Kepri

Pemaparan dari Kunaifi yang sekaligus merupakan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama di FST selaras dengan sambutan yang disampaikan oleh Dr. Hartono, M.Pd. selaku Dekan FST bahwa data menunjukkan dalam bidang PLTS di Indonesia ternyata alumni FST UIN SUSKA sudah mendominasi pembangunan PLTS atap. Sebanyak 52% PLTS atap di Indonesia dibangun dengan keterlibatan alumni UIN Suska Riau, baik sebagai project developer, desainer, maupun installer. Hal ini merupakan prestasi membanggakan bagi UIN SUSKA dan membuktikan bahwa dunia industri telah mempercayai kompetensi engineering alumni FST UIN SUSKA.

Rektor meninjau Laboratorium Software Engineering

Untuk kedepannya Laboratorium PLTS dengan kapasitas 3,6 kWp dengan sistem on-grid yang telah diresmikan tersebut terbuka bagi umum baik dari kalangan akademik (mahasiswa, pelajar, dosen), peneliti, instansi pemerintah dan pihak yang berminat untuk melakukan riset dan kajian lebih komprehensif tentang PLTS dan energi terbarukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kerjasama penelitian dan pelatihan menggunakan PLTS baru ini dapat menghubungi Dr. Zulfatri Aini, ST., MT., Kaprodi Teknik Elektro melalui email zulfatri_aini@uin-suska.ac.id.

Foto bersama Pejabat UIN SUSKA dan Partner Kerja Instansi Terkait

About Electrical Engeenering Department

Check Also

Mahasiswa Teknik Elektro Raih Pemuncak Universitas dan Cum Laude Pada Wisuda Periode IV

Rabu, 27 Februari 2019 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau kembali melakukan kegiatan Wisuda …