Jurusan Teknik Elektro

Clean Energy untuk Masyarakat di Dusun Bagan Benio

Fakultas Sains dan Teknologi – Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim berjaya mendapatkan kepercayaan dan sekaligus didaulat sebagai mitra dan pelaksana instalasi  panel tenaga surya dari Kantor Pusat Perkhidmatan LAZnas PHR – Karyawan Muslim Rokan Indonesia.

Persiapan bersama tim LAZnas sebelum keberangkatan ke lokasi

Adalah pesantren Nurul Azhar di Dusun Bagan Benio, Desa Tasik Serai, Kecamatan Tualang Mandau yang menjadi titik lokasi penerima manfaat dari instalasi panel tenaga surya dalam program yang didanai oleh LAZnas PHR. Kegiatan pemasangan dan instalasi panel tenaga surya sekaligus merupakan wujud implementasi program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan tanggal 13-14 Januari 2024 dimana Teknik Elektro UIN SUSKA RIAU berperan sebagai supervisi program dan representatif kampus.

Dusun Bagan Benio adalah dusun nelayan dan berlokasi di dalam kawasan Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil, dimana secara perencanaan ruang pengelolaan sudah berada pada blok khusus, yang berarti pemanfaatan kawasan harus memperhatikan keselarasan antara keberadaan masyarakat dengan fungsi kawasan hutan sebagai Suaka Margasatwa.

Lokasi pemasangan instalasi panel tenaga surya

Instalasi panel tenaga surya yang dilaksanakan dalam program pengabdian masyarakat tersebut merupakan wujud nyata bahwa rancangan dan pelaksanaan instalasi tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap listrik di dusun tersebut telah mencerminkan semangat clean energy yang berjalan selaras dengan tata kelola blok khusus.

Ustad Rosiman S.Pd selaku Kepala Operasional Pesantren Nurul Azhar

Ustad Rosiman, S.P selaku kepala pesantren menyatakan bahwa warga pesantren sangat terbantu dan berterima kasih dengan adanya instalasi panel tenaga surya berdaya 4.4 Kwp yang sudah terpasang dan sudah dapat mencukupi kebutuhan penerangan pesantren selama semalaman. Beliau berharap bahwa di masa mendatang akan lebih banyak warga dusun yang juga dapat merasakan manfaat dari adanya instalasi panel tenaga surya.

Kontributor : PSM

About Electrical Engeenering Department

Check Also

Akreditasi Teknik Elektro UIN SUSKA RIAU

Alhamdulillah wa syukurillah, atas rahmat Allah SWT, dengan ini maka Teknik Elektro UIN SUSKA Riau …