Waktu Akses: Rabu, 30 Juli 2014 | 08:04 WIB

Lebih 90 Ribu Peserta SNMPTN Mendaftar di UIN Suska Riau

Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau termasuk kategori UIN paling diminati di Indonesia pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SNMPTN) jalur ujian tertulis tahun 2012 ini. Sejak ditutupnya pendaftaran pada Kamis (31/5/2012) lalu, jumlah peminat UIN Suska mencapai 90 ribu orang lebih.Hal itu diungkapkan Pembantu Rektor I UIN Suska Riau Prof Dr H Munzir Hitami, kepada MC, Rabu (6/6/2012) di ruang kerjanya. “Hingga saat ini jumlah peserta SMPTN yang memilih UIN Suska Riau berdasarkan pilihan pertama telah mencapai lebih dari 90 ribu orang,” jelasnya.

Tingginya peminat di UIN Suska Riau sebelumnya merupakan tertinggi di Indonesia. Namun sejak dibukanya Fakultas Kedokteran di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Suska Riau menjadi peringkat kedua UIN paling diminati secara nasional. “Kalau sebelumnya kita berada di peringkat pertama, namun sekarang turun menjadi peringkat kedua. Hal itu dikarenakan fakultas kedokteran masih menjadi primadona saat ini,” ungkap Munzir.

Untuk itu ia berharap, agar rencana pembukaan Fakultas Kedokteran di UIN Suska Riau dapat segera terwujud. “Dibanding tahun lalu, pada tahun ini terjadi peningkatan jumlah peminat pada jalur SNPTN Tulis, namun pada jalur SMPTN Undangan terjadi sedikit penurunan. Meski demikian jumlah keseluruhan peminat terjadi peningkatan dibanding tahun lalu,” imbuh Munzir.

Terkait kuota (daya tampung) mahasiswa baru UIN Suska Riau, lanjut Munzir, tahun ini mencapai 4.948 orang. Namun karena banyaknya peminat, RektorUIN Suska saat ini sedang mengajukan penambahan kuota sebanyak 5.200 orang. “Mudah-mudahan penambahan kuota ini bisa direalisasikan,” ujarnya.

SPMB PTAIN Berpeluang Peroleh Beasiswa Bidik Misi

Meskipun pendaftaran SNMPTN telah ditutup sejak akhir Mei lalu, namun bagi yang berminat masuk ke Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN), termasuk UIN Suska Riau, masih terbuka kesempatan. Karena perguruan tinggi negeri di bawah naungan Kementerian Agama RI, membuka jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru  PTAIN (SPMB-PTAIN).

“Bagi Calon mahasiswa yang belum sempat mendaftar pada SNMPTN atau yang masih belum yakin bakal lulus melalui jalur SNMPTN boleh mengikuti SPMB-PTAIN,” ungkap Munzir.

Pendaftaran SPMB-PTAIN tersebut telah dibuka sejak 1 Mei 2012 hingga 15 Juni 2012. Bahkan menariknya, mahasiswa baru yang lulus melalui jalur SPMB-PTAIN berpeluang memperoleh beasiswa Bidik Misi. Jadi tunggu apalagi, buruan daftar ke SPMB-PTAIN. (*)

Berita ini dicopy dari:http://uin-suska.ac.id/berita_det.php?ID=61
Ditulis oleh: Suardi

 

 
 

0 Komentar

Anda bisa menjadi orang pertama yang memberikan komentar.

 
 

Tinggalkan Komentar

 




 
 

 

 
 
 
Afrioni Online